Rabu, 03 Februari 2016

Manfaat dan Khasiat Ekstrak Biji Buah Anggur

Manfaat dan Khasiat Ekstrak Biji Buah Anggur. Buah anggur memang sangat enak dan manis rasanya. Ketika kita mengkonsumsi buah anggur biasanya kita akan membuang biji anggur, padahal dalam biji anggur menyimpan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, mulai sekarang jangan buang biji anggur yang kalian makan ya, karena biji buah anggur sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Biji buah anggur biasanya akan dibuang saat kita makan buah anggur. Namun tahukah Anda, bahwa biji buah anggur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita? 

Manfaat biji anggur bukanlah isapan jempol semata. Para peneliti membuktikan bahwa biji mungilnya mengandung sejumlah senyawa penting antara lain Zn atau seng, mangan atau Mn dan sejumlah mineral penting lainnya. Selain itu, biji anggur ini juga diketahui mengandung senyawa lain bernama endungeoned pycnogenol. Ia berperan dalam menguatkan fungsi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tetap sehat, pembuluh darah tetap fleksible dan mencegah gejala stroke. 

Banyak di antara kita mempunyai kekhawatiran jika mengkonsumsi biji anggur ini akan menyebabkan usus buntu sebagaimana jika kita mengkonsumsi biji cabai. Namun ini tidak akan menjadi masalah karena biji anggur tidak sekeras biji cabai, sehingga masih aman untuk dikonsumsi apalagi jika menilik manfaatnya bagi tubuh kita. Tapi alangkah baiknya untuk menghilangkan kekhawatiran ini, sebaiknya terlebih dahulu biji buah anggur dikunyah sebelum ditelan. 

Berikut ini merupakan Khasiat dari ekstrak biji buah anggur :

1. Penangkal radikal bebas. Dr.Masquelier, seorang peniliti asal Perancis, menemukan zat anti kanker berupa proanthocyanidins dalam biji-biji anggur. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air.

2. Anti kanker. Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

3. Mencegah stroke. Menurut hasil penelitian, biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh. Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.

4. Melembabkan kulit wajah. Biji anggur mampu mengunci kelembapan dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar. Fungsi ini sama seperti ekstrak kenari dan bunga lupin yang memiliki omega 3, 6, dan 9. Juga mengandung vitamin yang bisa melembapkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam.

5. Untuk memelihara kesehatan sel tubuh manusia, membuat awet muda dan lebih kebal terhadap serangan penyakit. Berdasarkan penelitian tokoh bernama Shiuan Chen PhD dari Beckman Research Institute, biji aggur mengandung senyawa tertentu yang bisa menekan aktifitas hormon estrogen yang terlalu berlebihan dan bisa berbuntut pada kanker payudara. Hal ini terkait dengan kandungan grape seed proanthocyanidins/GSPs yang memang diketahui ampuh menghambat kerja estrogen.

6. Selain hal tersebut di atas, senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs juga terbukti mampu menghalau efek buruk sinar UV yang jika dibiarkan akan memicu zat karsiogenik atau pencetus kanker. Dengan senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs, potensinya bisa direduksi.

7. Peranannya meningkatkan libido pada pria. Kurangnya gairah seks disebabkan oleh nutrisi yang tidak seimbang. Biji anggur yang mengandung sejumlah mineral terbukti mampu meningkatkan kulitas seks pada pria. Hal ini sejalan dengan penelitian Dr. Febri dari Universitas Muhammadiyah Malang. Seialin itu, ia juga menyatakan bahwa biji anggur juga sangat baik membantu peradangan prostat pada pria.

8. Menjaga keremajaan Anda. Mengapa? Sebab kandungan grape seed proanthocyanidins/GSPs atau biasa juga disebut OPC mempunyai kekuatan anti-oksidan 20 kali lipat dibandingkan dengan Vitamin C, E dan juga A. Keunikan senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs membuat ia lebih ampuh melawan radikal bebas sehingga ia sangat baik melawan gejala penuaan.

Meski manfaat biji anggur ini sungguh luar biasa, namun Anda tetap dilarang mengkonsumsinya terlalu berlebihan sebab akan membuat Anda sering buang air keci. Hal ini sesungguhnya tidak berbahaya hanya saja merepotkan. Selain itu, jauh lebih baik jika Anda menghaluskan biji anggur dan campurkan dengan buah lainnya agar lebih berkhasiat.

by : Cara Pemesanan Lecithin Softgel



Manfaat dan Khasiat Ekstrak Biji Buah Anggur



1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali share tentang buah anggur sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus